Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal itu Mudah Kok!

Tahapan atau cara budidaya ikan sidat, khususnya di kolam terpal itu sebenarnya mudah lho! Gak percaya? Baca terus artikel ini hingga tuntas.

Ikan sidat atau biasa dikenal dengan sebutan ikan unagi bagi masyarakat Jepang merupakan ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan belut. Dengan tekstur tubuh yang hampir sama dengan belut, membuat ikan ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Jepang, hingga banyak masyarakat Jepang yang menginginkan ikan ini untuk dikonsumsinya.

Banyaknya permintaan pasar akan ikan sidat di negara Jepang membuat negara Jepang sendiri tidak mampu memenuhi kebutuhan ikan sidat. Selama ini negara Jepang hanya mampu memproduksi sekitar 30 % saja dan untuk 70 % nya negara Jepang mendatangkan kebutuhan ikan sidat dari berbagai macam negara-negara yang lain, salah satunya adalah negara Indonesia.

Dengan adanya kebutuhan konsumsi yang berbanding terbalik dengan jumlah yang ada, membuat negara Jepang sering mengimport ikan sidat dari negara-negara lain, termasuk dari Indonesia. Hal seperti inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang membudidaya ikan sidat.

budidaya ikan sidat

Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali masyarakat yang membudidayakan ikan sidat sebagai salah satu cara untuk menaikan penghasilannya. Salah satu ikan yang memiliki cita rasa gurih dan enak ini, tidak heran jika menjadi salah satu ikan yang banyak digemari oleh masyarakat, sehingga tidak heran jika permintaan ikan sidat ini turut meningkat.

Dengan adanya masyarakat yang turun langsung dalam usaha budidaya ikan sidat, menjadikan ikan sidat menuai banyak keuntungan. Hal ini dikarenakan, ikan sidat tidak hanya diproduksi untuk dikonsumsi negara sendiri, akan tetapi juga akan diekspor ke negara lain seperti hanya Jepang.

Salah satu cara yang efektif untuk membudidayakan ikan sidat di lingkungan sekitar kita yaitu dengan memanfaatkan terpal. Memulai membudidayakan ikan sidat di kolam terpal, termasuk salah satu cara yang mudah untuk anda geluti dan anda pelajari.

teknik budidaya ikan sidat

Selain mudah, anda pun juga akan mendapatkan beberapa keuntungan saat anda membudidayakan ikan sidat di kolam terpal seperti halnya ketika memanen sidat akan lebih mudah, biaya pembuatan kolam cenderung rendah, serta sangat mudah untuk dibersihkan dan dirawat. Dengan begitu ikan sidat akan tumbuh dengan baik.

Baca juga budidaya ikan gabus yang tak kalah prospektifnya.

Berikut hal-hal yang harus anda lakukan dalam cara budidaya ikan sidat di kolam terpal:

1. Siapkan Kolam Terpal untuk Ikan Sidat

Pertama kali yang perlu anda lakukan untuk membudidayakan ikan sidat yaitu dengan membuat kolam terpal dengan ukuran yang ideal sekitar 2x7x0,7 meter. Anda pun juga bisa menggunakan pompa untuk membuat air mengalir. Sebaiknya anda menggunakan air sungai, sebab habitat asli dari ikan sidat adalah perairan sungai. Anda pun juga harus membuat kedalaman kolam dengan kedalaman 40 cm dan tambahkanlah oksigen dengan pompa udara yang memiliki 12 lubang.

2. Bibit dan Pakan Ikan Sidat

Setelah anda sudah menyiapkan benih ikan dan kolam terpal, pasti anda pun juga menyiapkan pakan untuk ikan sidat. Pakan yang perlu anda berikan untuk ikan sidat yaitu berupa hewan yang hidup seperti halnya udang hidup, kepiting hidup, bahkan cacing tanah. Selain itu, anda juga bisa memberikan pelet dengan protein berukuran 1 ml dan berikanlah beberapa makanan penambah asupan untuk ikan sidat agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

cara budidaya ikan sidat

3. Waktu Panen Sidat

Saat anda sudah melakukan beberapa tahap tersebut, pasti ikan sidat anda akan tumbuh berkembang dan mulai membesar. Kemudian anda bisa memanen ikan sidat dengan waktu sekitar 2 tahun yang akan anda ekspor ke Jepang, sedangkan ikan sidat yang akan anda jual ke dalam negeri hanya akan membutuhkan waktu panen antara 1 tahun sampai dengan 1,5 tahun, maka dengan kurun waktu itu anda pun bisa memanen ikan sidat.

Informasi lain lihat juga cara budidaya ikan hias air tawar.

Demikian artikel kami mengenai cara budidaya ikan sidat yang semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *